Jumat, 08 Maret 2013

Asal Usul Nama Juventus

Julukan Juventus

09 Mei
Ketika Juventus didirikan oleh para siswa bahasa di perguruan Liceo D’Azeglio, Turin tahun 1897, pemilihan nama memang sempat menjadi isu yang menimbulkan perdebatan seru, sengit dan tak kunjung menghasilkan kesepakatan. :@

Berbagai ide sempat dilayangkan dan dilontarkan dalam kesempatan itu. Setelah beberapa lama, sempat muncul nama Augusta Tourinorum. Nama itupun tidak disetujui. :(

Akhirnya secara kebetulan, ada yang memunculkan nama Juventus. Kebetulan, arti nama ini cukup dinamis. Dalam bahasa latin, Juventus berarti muda. Cocok dengan pendiri Juventus yang seluruhnya anak – anak muda. Sepakatlah mereka menamai klub yang bakal mereka bentuk dengan nama Juventus.

Nama Juventus justru dijadikan roh klub ini. Klub berjiwa muda, dinamis dan ambisius mengejar kebesaran. Memang agak aneh. Sebab, rata – rata klub sepakbola di Italia saat itu mengambil nama kotanya. Sebut saja AC Milan, AS Roma, Napoli, dsb. Meski begitu, nama Juventus makin berwibawa di Liga Italia. :d

Itu baru nama resmi. Dalam perjalannya Juventus memiliki banyak sebutan. Julukan I Bianconeri jelas mengacu pada warna kostum kebanggaan klub ini. Sebab, bianconero berarti hitam – putih. Makna sebutan itu sama dengan julukan Juventus lainnya, yakni Zebra.

Julukan itu muncul setelah Juventus memakai kostum hitam – putih. Sebab sebelumnya klub ini berkostum pink. Dalam catatan sejarah Juventus, mereka baru pada tahun 1903 menggunakan kostum hitam – putih.

Pergantian warna kostum itu tadinya tidak ada filosofi sama sekali. Sebab, semua itu terjadi karena kecelakaan. Gara – garanya, kostum yang di pesan di Nottingham County itu salah warna. Harusnya hitam – pink, tapi menjadi hitam – putih karena bagian warna pink terlalu muda.

Sejak itulah julukan I Bianconeri melekat pada Juventus. Tapi itu bukan satu – satunya julukan. Seiring dengan sukses Juventus meraih gelar demi gelar, julukan lain bermunculan.
Agak aneh adalah julukan La Vecchia Signora. Julukan yang berarti Nyonya Tua ini sangat kontras dengan nama Juventus yang berarti muda dan bersemangat seorang pemuda. Seolah julukan itu mengolok Juventus yang seperti nyonya tua, renta dan tanpa daya.

Tapi, maksudnya justru sebaliknya. Julukan itu diberikan tifosi Juventuis sendiri dengan maksud membanggakan klub tersebut. Nyonya Tua berarti sudah kenyang pengalaman, prestasi dan kebesaran. Klub terbesar atau ibu dari segala klub di Italia.

Dengan kata lain, para suporter ingin menggambarkan Juventus sebagai klub yang selalu berjiwa muda, tetapi memiliki sejarah dan prestasi besar seperti orang yang sudah tua dan matang.

Julukan tersebut muncul seiring dengan merebaknya kelompok supporter Juventus di Turin. Ini terjadi pada tahun 1970-an, dan semakin ramai lagi pada tahun 1980-an.

Di era yang sama, Juventus memang meraih banyak gelar di Serie A, terutama pada awal tahun 1980-an. Pada musim 1981-1982, Juventus meraih gelar scudetto yang ke-20, yang berarti berhak menyandang 2 bintang di dadanya. Julukan La Vecchia Signora itu akhirnya paling populer, dibandingkan dengan julukan lain.

Tak puas dengan julukan itu, para supporter membuat julukan lagi. Julukan itu adalah La Fidanzata d’Italia. Artinya Tunangan Italia. Fidanzata adalah kata feminin, personifikasi perempuan yang mengacu pada sebutan La Vecchia Signora.




Maksudnya tak lain ingin menunjukan bahwa Juventus sebagai klub terbesar di Italia. Saking besarnya, Juventus layak bersanding dengan timnas Italia, atau kebanggaan seluruh negeri Pizza.

Faktanya memang pengemar Juventus di Italia paling banyak. Mencapai 10 juta lebih, jauh dibandingkan jumlah tifosi AC Milan yang menduduki urutan ke-2.

Ya, jati diri Juventus adalah klub berjiwa muda tapi punya prestasi tua, pun menjadi tambatan hati publik Italia dan bahkan mungkin juga dunia. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar